Siaga Bencana Pulau Seribu

by pulautidung on January 21, 2014

ilustrasi-puting-beliung Ilustrasi Puting Beliung

Berita Pulau Tidung – Iklim dan cuaca buruk saat ini telah melanda beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. Ditambah adanya peristiwa angin puting beliung yang menerjang bebepara rumah warga di Kelurahan Pulau Panggang, Kamis (16/1) malam lalu, maka Kabupaten Kepulauan Seribu telah menyatakan siaga bencana. Seluruh dinas dan intansi terkait telah diinstruksikan untuk melakukan penanggulangan bencana.

Intruksi ini disampaikan oleh Bupati Kepulauan Seribu, Asep Syarifudin, pasca terjadinya bencana angin puting beliung yang memporak-porandakan puluhan bangunan rumah warga. “Saya minta kepada instansi terkait segera lakukan tanggap darurat bencana di semua pulau terkait dengan cuaca buruk, terutama di Pulau Panggang yang kemarin terkena angin puting beliung,” terang Asep.

Menurut Bupati, terkait dengan cuaca buruk dan angin puting beliung yang menerjang pemukiman di Pulau Panggang, pihaknya sudah bersurat ke Gubernur DKI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Dalam suratnya ini dirinya meminta agar bencana ini ditindaklanjuti.

“Instruksi ini berlaku selama musim cuaca buruk. Saya juga minta kepada pihak terkait untuk menyiapkan petugas yang siaga selama 24 jam untuk penanggulangan jika hal buruk terjadi, masyarakat juga harus tetap siaga dan tidak panik,” pintanya.

Sementara untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi di perairan Kepulauan Seribu, pihaknya juga meminta kepada nelayan untuk  sementara tidak melaut. Selain itu dia juga minya kapal penyeberangan baik milik pemerintah maupun tradisional (ojek) serta kapal cepat penumpang milik swasta tidak beroperasi untuk sementara waktu. (wandi/yo)

Leave a Comment

*

Previous post:

Next post: