Pemkab Kepulauan Seribu: “Kami Minta, Warga Terapkan Program Kampung Iklim”

by pulautidung on October 23, 2016

xxxPemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu minta masyarakat agar ikut berpartisipasi untuk mendorong Program Kampung Iklim (ProKlim). Proklim adalah program yang menyiapkan penguatan pelaksanaan usaha adaptasi dan mitigasi atas perubahan iklim dan kelembagaan masyarakat.

“Program Kampung Iklim lingkupan nasional yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) demi mendorong partisipasi aktif warga dan seluruh pihak kedalam melaksanakan aksi lokal guna meningkatkan ketahanan atas dampak perubahan iklim dan minimalisasi emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” tutur Tiur Maeda Hutapea, Kepala KLH Kepulauan Seribu, Kamis (20/10).

Tiur menambah, persoalan perubahan iklim telah menjadi fenomena lingkungan nyata dan diakui menjadi salah satu ancaman paling besar bagi kehidupan manusia.

Maka dari itu, warga Kepulauan Seribu harus berpartisipasi tuk terus mendorong Proklim ini demi meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi ancaman kepada bencana.

Menurut Tiur, pihaknya tak terlalu puas terhadap partipasi warga di Kepulauan Seribu melaksanakan Proklim di tiap pulau yang ada. Oleh sebabnya masyarakat diminta menanam tumbuhan dari sayur-sayuran, buah-buahan hingga ke pohon besar yang manfaatnya mampu dirasakan oleh warga sendiri.

“Makanya kita bakal kejar dan meminta warga di 11 Pulau Pemukiman tuk terus berpartisipasi didalam ProKlim ini,” tandasnya.

Comments on this entry are closed.

Previous post:

Next post: