Jutaan Wisatawan Lokal di Kepulauan Seribu

by pulautidung on February 27, 2014

Berita Pulau Tidung – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar. Jenis wisata laut ini juga yang menjadi andalan salah satu bagian dari wilayah DKI JakartaPKK DKI akan Gelar Pasar Murah di Rusunawa. Read more ... », Kepulauan SeribuTips Berwisata ke Pulau Seribu. Read more ... ».

Bupati Kepulauan Seribu Asep Syarifudin mengatakan, pemanfaatan wisata kelautan di kawasan utara Ibukota ini mampu memberikan sumbangan kepada pendapatan asli daerah (PAD) hingga Rp 168 miliar pada 2013. Pendapatan ini berasal dari kunjungan wisatawan yang mencapai 1,6 juta yang didominasi pelancong lokal.

Pada tahun ini, Kepulauan Seribu diharapkan bakal dikunjung lebih banyak pengunjung yang diharapkan mengangkat penerimaan daerah hingga 40%. “Dengan target 2 juta wisatawan, kami perkirakan pemasukan bisa sampai Rp 200 miliar,” ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2014).

Untuk mengembangkan potensi Kepulauan Seribu, sebagai wisata unik Jakarta, pemerintah setempat berencana membangun sekitar 3-4 pulau di kawasan tersebut. Meski enggan menyebutkan nilai investasi yang dibenamkan, salah satu perusahaan dilaporkan telah berencana memabngun sebuah hotel di Pulau Lancang.

Pemerintah setempat juga tengah mengambil sejumlah langkah untuk mengembangkan sektor pariwisata di kepulauan Seribu terutama transportasi dan ketersediaan air bersih. “Sekarang tidak masalah tetapi dengan perkembangan pariwisata itu harus disiapkan,” kata Asep.

Sarana penunjang lain yang akan dipersiapkan adalah infrastruktur terutama dermaga, serta tambahan pasokan listrik. Selama ini, dukungan pasokan listrik memang sudah memasok sejumlah lokasi di Kepulauan Seribu. Namun masih ada resort yang masih memakai genset karena prioritas utama ditujukan kepada masyarakat.

“Kedepan bukan hanya masyarakat, tetapi juga untuk pemilik resort dan pulau pribadi. Saat ini ada 11 resort dan 11 pulau pribadi yang ada di Kepulauan Seribu,” jelasnya.

Terakhir, Asep berharap bisa mengubah pola pikir masyarakat yang umumnya berprofesi nelayan untuk lebih memanfaatkan potensi pariwisata bahari di kepulauan tersebut. (Dny/Shd)

Sumber : Liputan6.Com

Leave a Comment

*

Previous post:

Next post: