Indahnya Danau Lau Kawar Di Kaki Gunung Sinabung

by pulautidung on May 2, 2018

beritapulautidung.com Indonesia memiliki banyak danau indah yang kerap menjadi destinasi favorit wisatawan saat musim liburan. Salah satunya yaitu Danau toba di Provinsi Sumatra Utara, yang pesona keindahannya sudah tersebar ke seantero negeri hingga negara asing. Namun tahukah Anda, bahwa di Provinsi yang beribukota Medan ini juga mempunyai lokasi wisata danau yang tak kalah indah dengan Danau Toba? Danau itu adalah Danau Lau kawur.

wisata danau lau kawar

Lokasi

Danau Lau Kawar menawarkan keindahan tersendiri. Lokasinya tepat berada tepat di kaki Gunung Sinabung. Gunung yang juga sering dijadikan sebagai lokasi pendakian oleh para pecinta alam ini, sempat ditutup pasca letusan yang beberapa kali terjadi. Danau Lau Kawar tepatnya berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Lokasi danau ini hanya berjarak 3 jam perjalaanan dari kota Medan.

Keindahan Alam Danau Law Kawar

Danau Lau Kawur

Danau Lau Kawar yang berjarak 3 kilometer dari puncak Sinabung, sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana liburan tenang, dengan dimanjakan oleh keindahan alami dari alam yang sejuk. Bahkan hal ini langsung tersuguh bagi Anda selama perjalanan menuju Danau Lau Kawar. Hamparan pemandangan indah Gunung Sinabung yang menjulang tinggi, dan pemandangan hijau perkebunan rakyat akan semakin menyejukkan pandangan mata.

Selain sebagai objek wisata alam, danau ini juga merupakan titik awal para pecinta alam yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Sinabung. Biasanya mereka menjadikan area sekitar pinggiran danau untuk mendirikan tenda peristirahatan, untuk beristirahat sejenak sebelum dan sesudah mendaki gunung.

Meskipun letusan Gunung Sinabung sempat memporak-porandakan lokasi sekitarnya, namun hingga saat ini kondisi Danau Lau Kawar tetap mempesona dan menawarkan kenyamanan bagi Anda yang jenuh oleh rutinitas harian. Objek wisata ini adalah pilihan tepat untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Anda bisa menikmati indahnya Danau Lau Kawur di kaki Gunung Sinabung dengan keluarga atau sahabat.

Danau Lawu Kawur berair jernih dan bersih. Jadi keindahannya benar-benar sangat alami. Belum terkontaminasi oleh tangan manusia yang suka buang sampah sembarangan. Pemandangan sekitar danau yang berkesan eksotis akan membuat Anda betah berada di lokasi ini. Mungkin rasanya tak ingin pulang. Udaranya sejuk, bersih, dan suasananya juga tenang dan nyaman. Tak hanya mata yang dimanjakaan, tapi juga hati dan pikiran.

Jika Anda berada di Danau Lau Kawur, maka akan terlihat air danaunya berwarna kehijauan. Ini merupakan efek bias yang dihasilkan bukit-bukit hijau yang mengelilingi danau. Untuk bisa menikmati keindahan Danau Lawu Kawur, Anda juga bisa berkeliling mengitari danau, dengan menyewa perahu-perahu yang tersedia di sekitar danau.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia

Setiap pengunjung hanya dikenai biaya masuk sebesar Rp2.500 dan Rp5.000 untuk sewa tenda. Meskipun area Danau Lau Kawur tidak seluas Danau toba, namun telah banyak fasiltas pendukung yang dibangun pemerintah setempat untuk kenyamanan wisatawan, seperti gazebo, kedai makan, dan ruang bermain bagi anak-anak. Bahkan di sekitar danau ini juga tersedia lokasi perkemahan bagi Anda yang ingin camping sembari menikmati sejuknya alam dan indahnya pesona Danau Lawu kawur.

Akses Menuju Danau Lau Kawar

travel danau lau kawar

Akses menuju Danau Lau Kawar sudah beraspal bagus. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencapai lokasi danau. Namun Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor saja. Karena belum tersedianya angkutan umum yang menuju ke danau ini. Rute yang harus Anda tempuh adalah dari kota Medan menuju ke arah Berastagi.

Jika Anda tertarik menghabiskan liburan di Danau Lau Kawur, sebaiknya persiapkan segala kebutuhan dengan baik, misalnya obat-obatan, baju ganti jika Anda ingin mandi di danau, dan perbekalan favorit. Bagi Anda yang hobi memancing, danau ini juga bisa menjadi wadah menyalurkan hobi Anda tersebut sembari menikmati ketenangan liburan di Danau Lau Kawur.

Comments on this entry are closed.

Previous post: