Empat hewan ini bisa bicara bahasa manusia

by pulautidung on January 20, 2014

Berita Pulau Tidung – Bukan hanya bayi atau balita yang bisa diajarkan mengucapkan bahasa manusia tapi hewan pun bisa.

Jika Anda punya hewan peliharaan maka pasti Anda pernah mengajaknya bicara lebih dari satu kali. Kita terkadang menganggap hewan peliharaan bisa diajak bicara layaknya manusia. Dari mulai anjing, kucing, kelinci, atau burung, manusia seringkali mengajak bicara hewan peliharaan mereka.

Sejumlah hewan memang ternyata bisa diajarkan bahasa manusia. Mereka bahkan bisa menguasai ratusan kosa kata dalam bahasa manusia. Siapa saja hewan-hewan itu? Simak ulasannya seperti dilansir oddee.com berikut ini.

 

1. Blackie, si kucing hitam

si-kucing-blackie-hewan-bicara-bahasa-manusia Kucing Blackie

Pada akhir 1970-an kucing bernama Blackie pernah menghebohkan tayangan televisi lokal dan sejumlah program radio karena dia bisa bicara seperti manusia.

Meski tidak ada penelitian ilmiah tentang Blackie yang bisa bicara tapi dia menjadi salah satu hewan penting di dunia karena bisa bicara bahasa manusia.

Setelah diajarkan Blackie bisa mengucapkan kata-kata “saya cinta kamu” dan “saya ingin mama”. Aksinya itu membuat heboh hingga pengadilan pernah mengeluarkan putusan Blackie punya hak untuk berbicara, tidak hanya dijadikan alat buat mendapat keuntungan materi semata oleh pemiliknya.

2. Si burung beo Alex

si-burung-beo-alex-hewan-bicara-bahasa-manusia Beo Alex

Alex adalah burung beo asal Afrika. Dia menjadi objek penelitian ilmuwan selama tiga tahun karena kemampuannya laiknya manusia. Di dibeli oleh Irene Pepperberg ketika masih berusia satu tahun.

Bahkan namanya sendiri adalah kependekkan dari Percobaan Pembelajaran Hewan (Animal Learning Experiment-Alex). Ketika dia mati pada 2007 Alex tercatat bisa mengenali lebih dari 50 benda dan mampu mengucapkan lebih dari seratus kata. Dia bahkan dinilai punya kemampuan setara anak usia empat tahun. Sebelum kematiannya, Alex mengatakan “Kamu akan baik-baik saja” kepada majikannya.

3. Gajah Asia bernama Koshik

koshik-gajah-asia-bicara-bahasa-manusia Gajah Koshiek

Koshik adalah gajah asal Asia punya kemampuan istimewa. Dia bisa bicara sejumlah kosa kata dalam bahasa KoreaLee Seung Gi. Read more ... » seperti “annyong” (halo), “anja” (duduk), “aniya” (tidak), “nuo” (berbaring), dan “choah” (bagus).

Koshik boleh jadi tidak mengerti apa yang dia ucapkan tapi gerak-geriknya mengisyaratkan dia paham arti kata-kata itu.

Koshik tinggal di Kebun Binatang Everland di luar kota Yongin, Korea Selatan. Pawangnya mengatakan Koshik sudah belajar bahasa manusia sejak 2004.

4. Mishka, si anjing Eskimo

miska-hewan-bicara-bahasa-manusia Miska Anjing Bicara

Anjing-anjing Siberia dikenal bisa bicara dengan cara menghembuskan napas dari hidungnya. Mereka juga biasa mendengking selain menggonggong. Namun tidak semua anjing Siberia seperti Mishka.

Hewan berkaki empat biasa hidup di cuaca dingin itu sudah cukup terkenal d InternetInternet 4G Bolt! dari Firstmedia. Read more ... » lantaran dia bisa bicara. Dia dijuluki Anjing Eskimo Yang Bicara.

Setelah diajarkan bahasa manusia, MIshka ternyata mampu mengucapkan kosa kata seperti “halo”, “saya cinta kamu” dan “saya lapar”.

Leave a Comment

*

Previous post:

Next post: