6 Fakta Seputar Beluga, Pesawat Berbentuk Teraneh di Dunia

by pulautidung on January 20, 2014

Berita Pulau Tibeluga-pesawat-teraneh-di-duniadung – Sebuah pesawat biasanya berbentuk seperti burung. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi pesawat yang terbang di Eropa, yakni Beluga. Sesuai namanya, pesawat ini malah berbentuk seperti paus Beluga. Seperti apa ya?

Beluga adalah nama sebuah pesawat yang terbang di daratan Eropa, salah satunya di Prancis. Memiliki bentuk seperti paus Beluga, pesawat ini disebut-sebut sebagai pesawat dengan bentuk paling aneh di dunia. Mungkin para traveler pernah melihatnya di bandara Prancis atau Inggris.

Sesungguhnya, Beluga merupakan pesawat tipe Airbus A300-600ST. Ini bukan pesawat penumpang melainkan pesawat kargo. Bagian atas pesawat dipotong dan diberi tambahan, sehingga menghasilkan bentuk seperti punuk, mirip paus Beluga.

Ternyata, punuk ini berfungsi untuk menyimpan kargo yang sangat banyak. Lalu seperti apa ya bagian dalam pesawat Beluga? Dilongok dari CNN TravelTips Berwisata ke Pulau Seribu. Read more ... », Jumat (17/1/2014) inilah penampakan pesawat dengan bentuk teraneh di dunia:

1. Bagian dalam memuat banyak kargo

Beluga memang bukanlah pesawat yang mementingkan penampilan. Bagian kokpit dibuat lebih rendah. Bagian atap pesawat juga dipotong dan diberi ruang tambahan yang menyebabkan berbentuk seperti punuk paus.

Tapi di balik rupanya yang buruk itu, Beluga bisa menyimpan kargo hingga 47 ton untuk rentang penerbangan 900 mil laut. Ya, kargo tersebut disimpan dalam ruangan tambahan bagian atas kokpit.

2. Memiliki volume yang sangat besar

Bagian tambahan Beluga yang berbentuk seperti punuk ternyata memiliki diameter hingga 7,1 meter. Karena itu, pesawat ini mampu menampung kargo yang lebih banyak, yakni hingga 4,7 ton.

3. Memiliki sayap khusus

Karena memiliki bentuk yang unik dan tak biasa, sayap pesawat ini tentu juga berbeda. Ia memiliki sayap atau biasa disebut sirip dengan pengatur keseimbangan khusus. Letaknya ada di sekat ekor pesawat

4. Dioperasikan oleh tiga orang

Sebuah pesawat biasanya dikemudikan oleh dua orang pilot, tapi tidak dengan Beluga yang menggunakan tipe pesawat A300-600ST. Pesawat ini dikemudikan oleh tiga kru pesawat, yakni 2 pilot dan seorang loadmaster yang mengurus kargo pesawat.

5. Mudah dikenali

Memiliki bentuk berbeda dari pesawat yang lain, pesawat Beluga sangat mudah dikenali. Penamaannya pun disesuaikan dengan bentuknya yang mirip dengan paus Beluga yang hidup di kawasan Artik

6. Beluga bisa disewa

Pada tahun 2006, ternyata Beluga pernah disewa untuk membawa kontainer yang berisi patung Firaun setinggi 5 meter. Pesawat ini membawanya dari Berlin menuju Paris.

Leave a Comment

*

Previous post:

Next post: