Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan Resikonya Berbeda

by pulautidung on October 14, 2016

Banyak nasabah bank yang menyama ratakan tabungan pendidikan ataupun rencana pada asuransi pendidikan unit – link. Tapi kenyataannya, keduanya mempunyai resiko serta karakteristik yang berbeda. Kesalahan ini kerapkali memunculkan permasalahan bagi nasabah juga bank.

Perlu memahami perbedaan mereka, sebelum beli, hingga tak salah pilih. Di koran, admin beberapa kali baca nasabah komplain mengapa nilai tabungan pendidikannya berkurang. Kemudian diselidiki oleh bank, nyatanya nasabah itu tidak membuka tabungan pendidikan, tapi termasuk asuransi pendidikan unit – link yang mana saat itu kerja investasi lagi menurun. Komplain nasabah ini muncul sebab pemahaman yang salah soal apa tabungan pendidikan dan apa asuransi pendidikan unit – link.

Memang, bila hanya diperhatikan sekilas dan tak diteliti cermat, mereka tampak serupa. Sama–sama utk menyiapkan dana pendidikan, memberi proteksi asuransi serta investasi. Ditambah lagi, tidak sedikit nasabah yang mempunyai literasi keuangan yang rendah.

Disamping itu, di sejumlah kantor cabang bank, admin cermati bahwa posisi dan setting kursi financial advisor (sales) bancasssurance, yang jual unit – link, berdekatan dengan customer service. Implikasinya, nasabah sering menganggap financial advisors berfungsi sama pada customer service, tergolong jual produk tabungan. Brosur 2 produk yang beda ini juga hampir mirip.

Brosur Tabungan Pendidikan & Asuransi Pendidikan Tampak Serupa

Oleh lantaran itu, admin mau mengingatkan lalu menggarisbawahi bila tabungan pendidikan ataupun rencana BerbedA dengan asuransi pendidikan. Dua-duanya mempunyai resiko dan return yang sedikitpun berbeda. Salah memilih produk membuat keperluan kalian tidak terpenuhi, ataupun bahkan merugikan.

Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Pertama, Tabungan pendidikan ataupun rencana merupakan produk bank. Sebab itu, tabungan ini dijamin LPS (hingga jumlah tertentu lalu mengikuti ketentuan bunga maksimum). Bila bank collpase, nilai tabungan aman sebab ada jaminan LPS.

Sedangkan, asuransi unit – link bukanlah produk yang dirilis maupun dijamin bank. Asuransi unit – link merupakan produk perusahaan asuransi. Bank sekedar berperan menjadi agen penjual unit – link. Financial advisors yang berada di kantor cabang bukanlah pegawai bank, tetapi pegawai perusahaan asuransi.

Kedua, level keuntungan (bunga) tabungan pendidikan pasti. Apa maksudnya ‘pasti’? Bila bank telah menetapkan bunga tertentu, lalu nasabah pasti memperoleh pembayaran bunga dengan total itu. Tak lebih tak kurang. Lantaran sifat bunga yang pasti ini, nilai simpanan di tabungan takkan pernah berkurang.

Sedangkan, tingkat keuntungan asuransi pendidikan unit – link tak pasti atau tak dijamin, ditentukan kinerja investasi yang kalian pilih dan resiko investasi. Bila memilih reksadana saham menjadi instrumen investasi, lalu fluktuasi harga saham serta gejolak di pasar modal amat mempengaruhi naik turunnya nilai dana investasi didalam asuransi unit – link.

Sebab keuntungan yang tak pasti, nilai investasi di unit – link dapat turun, tetap ataupun bertambah. Penurunan terjadi, contohnya, kinerja investasi yang amat buruk hingga menggerus, tak hanya keuntungan, tapi modal awal juga.

Namun, perlu juga dipahami, bila asuransi unit – link dapat menghasilkan tingkat keuntungan yang berlipat-lipat diatas keuntungan tabungan pendidikan ataupun rencana. Bila di tabungan, keuntungan tersebut pasti, sedangkan keuntungan di asuransi unit – link dapat tak terbatas. Disini berlaku senagai hukum, “high risk high return”.

Yang harus diingat bila tingkat investasi yang direncanakan didalam proposal asuransi unit – link ialah ilustrasi menurut kinerja masa lalu. Resultnya, bisa sama, makin rendah atau makin tinggi. Dan yang sangat penting diingat bila dibalik janji return tinggi, melulu hadir resiko tinggi. Begitu juga sebaliknya.

Ketiga, value proteksi asuransi di tabungan pendidikan biasanya lebih rendah daripada unit – link. Mengapa? karena premi utk proteksi asuransi di tabungan pendidikan biasanya gratis. Bank yang bayar preminya, hingga jumlah pertanggungan terbatas. Semacam, produk suatu tabungan pendidikan cuma mengganti hingga maksimum jumlah setoran tersendiri, lebih dari itu tak diganti.

Sedangkan, proteksi value asuransi pendidikan boleh dikatakan tak terbatas. Sebab dibayar bagi nasabah sendiri, nilai pertanggungan bergantung kemampuan nasabah bayar premi.

Bagaimana Memastikan Asuransi atau Tabungan Pendidikan?

Jika bingung dan mau memastikan apa produk yang kalian pilih ialah produk tabungan serta bukan unit – link. Ataupun sebaliknya. Dibawah tips hal yang seharusnya kalian tanyakan didalam memilih produk.

Pertama, menanyakan produk ini dijamin oleh bank ataupun tidak. Bila dijawab tidak, maka jelas produk itu bukanlah Tabungan Pendidikan. Bisa jadi itu merupakan unit – link.

Sebaliknya, bila dijamin oleh bank, produk tersebut merupakan tabungan. Dan bukanlah unit – link.

Kedua, menanyakan apa return (tingkat keuntungan) itu hasilnya pasti ataupun tidak. Bila dijawab pasti, itu maknanya tabungan pendidikan.

Sebaliknya, bila return disebut tak pasti, itu maknanya unit – link. Result unit – link tak pasti, tergantung kerja investasi pilihannya.

@TAG:

Comments on this entry are closed.

Previous post:

Next post: