4 Tipe Investasi Reksadana, Paling Untung Hingga Paling Aman

by pulautidung on October 13, 2016

Kunci sukses dari Investasi Reksadana ialah kecocokan antara target keuangan serta tipe instrumen yang dipilih. Lantaran itu, kalian wajib tahu tipe investasi Reksadana bila mau untung di instrumen ini.

Didalam kondisi IHSG menurun tajam sekian waktu ini, tidak sedikit pemodal menjerit sebab mungkin Dana Pendidikan ataupun Dana Pensiun tersangkut disitu. Nilai investasi menurun ke tingkat yang tak dibayangkan sebelumnya.

Didalam kondisi bursa merana, tidak sedikit pemodal panik. Cepat–cepat melepas investasinya pada Reksadana. Pasca itu, kapok sebab menganggap risikonya begitu besar. Ujungnya, balik lagi ke tabungan alias deposito.

Ini keputusan salah karena:

  1. Menjual dalam keadaan pasar turun pasti bakal menimbulkan kerugian
  2. Tanpa investasi serta kembali ke tabungan, gol pencapaian dana pendidikan ataupun dana pensiun bakal sulit terwujud. Tingginya inflasi menjadikan bunga tabungan serta deposito takkan cukup
  3. Mengapa mengambil keputusan yang salah disaat yang tak tepat?

Itu karena kurangnya pemahaman antar tipe Reksadana dengan harapan investasi. Umumnya ada kekeliruan, semacam:

Kasus Pertama: Tujuannya untuk biaya anak sekolah Lima bulan lagi, secara berinvestasi di Reksadana Saham. Nyatanya, Saham amat berisiko pada jangka pendek. Akibatnya, saat pasar saham bergejolak, investasinya melorot drastis dan tak cukup untuk bayar biaya sekolah.

Kasus Kedua: Ingin aman, pemodal pilih Reksadana Pasar Uang guna persiapan dana pensiun yang diperlukan 10 tahun lagi. Walaupun sangat aman, return Reksadana Pasar Uang kecil, hingga jumlah dana pensiun yang bakal terkumpul jauh.

Jadi, pilih investasi yang pas ialah bagian begitu penting utk mendapat hasil terbaik.

Untuk boleh memilih dengan baik, kalian harus tahu apa-apa tipe investasi di Reksadana. Dibawah ini berbagai tipe Reksadana:

Reksadana Saham

Ini merupakan Reksadana yang keuntunganya sangat tinggi diantara yang lainnya. Tapi ini pun yang risikonya sangat besar. Dalam Reksadana ini, Manajer Investasi menanamkan dana investor ke instrument saham. Maksudnya memberikan tingkat keuntungan yang istimewa dalam jangka panjang secara mengkapitalisasi pasar modal Indonesia.

Resiko Reksadana ini sangat tinggi sebab fluktuasi harga saham tajam. Oleh karena itu, Reksadana Saham seharusnya untuk investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun.

Reksadana Campuran

Reksadana ini memberikan kombinasi investasi didalam berbagai instrumen. Tujuannya memperoleh keuntungan dalam jangka panjang secara investasi di saham, obligasi serta pasar uang.

Namun keuntungan Reksadana Campuran tak setinggi Reksadana Saham. Ini sebab risikonya lebih rendah daripada Reksadana Saham.

Keunggulan Reksadana ini ialah komposisi portfolio dapat lebih fleksibel. Manajer Investasi dapat meracik instrumennya dengan beragam instrumen. Bandingkan pada Reksadana Saham yang cuma fokus di 1 instrumen, sementara Reksadana Campuran dapat menggabungkan saham pada hutang, obligasi juga lain–lain.

Memang keuntungan Reksadana Campuran belum sebesar Reksadana Saham, namun risikonya lebih rendah.

Berikut ini contoh tampilan Prospektus Reksadana Campuran.

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana Pendapatan Tetap memiliki tujuan untuk memberi suatu tingkat pengembalian yang istimewa dengan penekanan di stabilitas modal.

Kinerja Reksadana Pendapatan Tetap didorong perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia. Kemerosotan BI rate bakal mendorong kenaikkan harga obligasi, adalah instrument penempatan dana Reksadana ini. Naiknya biaya obligasi meningkatkan nilai Reksadana dati Pendapatan Tetap.

Risiko Reksadana Pendapatan Tetap terletak dibawah Reksadana Campuran.

Berikut ini ialah contoh tampilan Prospektus dari Reksadana Pendapatan Tetap.

Reksadana Pasar Uang

Ini merupakan tipe investasi  Reksadana yang sangat aman. Risikonya sangat kecil. Reksadana Pasar Uang memiliki tujuan memberikan keuntungan yang istimewa lewat investasi di instrument pasar uang dan menurunkan tingkat resiko melalui diversifikasi penempatan instrumen pasar uang yang anda pilih secara selektif. Dan bertujuan memberi tingkat likuiditas tinggi untuk memenuhi keperluan dana tunai didalam waktu singkat.

Comments on this entry are closed.

Previous post:

Next post: